Peringatan !!!

  • Apabila tidak mencamtumkan format XFKL tidak akan kami proses
  • Kami menggunakan JNE untuk pengiriman barang
  • Pembayaran produk setelah barang di terima maksimal 3 hari
  • Diingatkan bagi calon pelanggan kami yang berniat tidak baik akan terkena sanksi hukum : “ PASAL 5 BAB III No.8 Tahun 1999 Tuntutan Hukum pidana dan dendaan atas langgaran tidak memenuhi kewajiban sebagai konsumen “.

Pemesanan dulu...!!!
Lalu Pengiriman Barang !!!
Dan Pembayaran !!!

Pengertian, Gejala dan mencegah Penyakit Lupus

 Pengertian, Gejala dan mencegah Penyakit Lupus

 

 

 

Apakah Lupus ?


Lupus adalah penyakit peradangan kronis yang dapat mengenai kulit, sendi, ginjal, paru, susunan saraf dan alat tubuh lainnya. Gejala tersering adalah bercak kulit, artritis (radang sendi) sering disertai lemah badan dan demam. Perjalanan penyakit Lupus beragam dari ringan sampai berat berselang seling kambuh dan baik. Lupus terutama diderita oleh wanita terutama pada masa subur (wanita 10 kali lebih sering daripada pria).

Apa penyebab Lupus?

Penyebab lupus masih belum ditemukan. Tetapi terdapat beberapa faktor resiko yaitu genetik (keturunan) dan lingkungan yang menyebabkan lupus. Faktor lingkungan yang diperkirakan sebagai penyebab adalah obat-obatan, racun, makanan dan sinar matahari.

Bagaimana gejala lupus?

Gejala lupus sangat beragam, oleh karena itu dokter terkadang sulit untuk mendiagnosa penyakit ini. Biasanya diawali dengan lemah badan, demam dan nyeri pada sendi dan otot. Kadang gejala ini disalahartikan dengan flu yang berulang.
Lupus dapat mengenai berbagai alat tubuh. Gejala yang dirasakan adalah:
Sistem otot dan tulang: Sakit pada sendi pada kedua sisi (kiri maupun kanan) tanpa merusak sendi. Sering mengenai tangan, lutut dan pergelangan tangan. Kadang disertai dengan rasa lemas dan nyeri pada otot.
Kulit dna rambut: Keterlibatan kulit terjadi 90% penderita lupus. Secara klasik dapat ditemukan kemerahan pada wajah (malar rash) yang dicetuskan oleh paparan sinar matahari. Selain itu juga didapati lesi diskoid pada kulit. Rambut terutama pada dahi menjadi rontok. Lesi kulit dan rambut dapat dihilangkan dengan pengobatan yang baik.
Ginjal: Kerusakan ginjal didapati pada hampir seluruh penderita lupus. Jika kerusakannya berat maka diperlukan pengobatan imunosupresif. Untuk itu penting kiranya memeriksa urin secara berkala karena stadium awal dari kerusakan ginjal ditandai dengan adanya protein dalam urin.
Jantung dan pembuluh darah: Kerusakan jantung yang diderita penderita lupus berupa cairan pada selaput jantung, vegetasi pada katup jantung, perkapuran (aterosklerosis) pada pembuluh darah dan nyeri pada ujung-ujung jari dna perubahan warna menjadi putih kebiruan jika terkena udara dingin dan emosi yang meningkat yang disebut fenomena Raynaud.
Susunan saraf: Gangguan otak, saraf dan kejiwaan didapati pada 15% penderita lupus. Kelainan dapat berupa kejang, kelemahan otot, depresi, gelisah dan stroke.
Paru: Sesak nafas yang dirasakan pada penderita lupus dapat disebabkan oleh adanya cairan pada selaput paru dan juga akibat infeksi paru (pnemonia).
Darah: Hampir setengah penderita lupus menderita anemia. Selain itu terdapat jumlah trombosit dan lekosit yang rendah daripada orang sehat. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan dan mudah terinfeksi.
Mata: Kerusakan mata jarang didapati pada penderita lupus. Kerusakan retina dapat terjadi akibat pengobatan lupus dengan menggunakan obat anti malaria (Chloroquine). Jika menggunakan obat sejenis ini maka diperlukan kontrol yang teratur ke dokter mata.

 Efek samping yang sering dirasakan adalah:

– Nyeri ulu hati
– Mual dan kadang disertai muntah
– Tekanan darah tinggi
– Berat badan meningkat
– Muka menjadi bulat
– Osteoporosis
– Rambut rontok
– Meningkatnya resiko infeksi (misalnya: tuberkulosis)
Setelah perbaikan, maka dosis dan jenis oabat akan dikurangi secara bertahap.

Cara Mengobati Lupus  .- Gejala yang akan terjadi bila terjadi penyakit lupus di antara nya :


  •     Cepat lelah
  •     Demam yang tidak diketahui penyebabnya
  •     Berat badan turun atau berat badan meningkat
  •     Ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipidan hidung
  •     Luka pada kulit yang timbul atau parah ketika terkena sinar matahari
  •     Radang pada mulut
  •     Rambut rontok
  •     Jari dan kuku yang memutih atau membiru ketika terkena dingin atau saat stress
  •     (Raynaud’s phenomenon)
  •     Nafas pendek
  •     Nyeri pada dada saat bernafas
  •     Mata kering
  •     Mudah memar
  •     Gelisah
  •     Pembekakan dikaki atau sekitar mata
  •     Gangguan pembekuan darah
  •     Depresi
  •     Anemia
  •     Kerusakan ginjal
  •     Sariawan
  •     Kejang
  •     Adanya luka disekitar hidung atau mulut

Cara Mencegah Penyakit Lupus


Pada umumnya, ilmu dalam medis hanya memastikan agar kita semua dapat menjalani pola hidup sehat meliputi pola makan sehat, istirahat cukup, olahraga teratur, menjauhi minuman keras, rokok, bekerja terlalu lelah, serta banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan kedalam menu harian.

Satu set kegiatan dan pola hidup sehat tersebut selalu diyakini berfungsi untuk membentuk sistem imun tubuh sehingga dapat menjauhkan manusia dari penyakit apapun juga. Apabila seseorang menderita penyakit lupus oleh karena sebab genetik, maka dengan menjalani pola hidup sehat yang disebutkan, penyakit lupus akan dapat ‘ditekan’ atau dibuat ‘tidur’ sehingga tidak menimbulkan gejala – gejala maupun gangguan.

Tentu saja, sekali terserang lupus, penyakit ini akan terus ada. Hanya saja penderita yang berhasil membuat penyakit lupus ‘tertidur’, dapat hidup selayaknya orang normal yang menjalani aktivitas tanpa gangguan yang menyakitkan. Namun, penyakit ini akan kembali datang jika si penderita mulai melonggarkan disiplin yang harus dijalani dalam jangka waktu yang panjang tersebut.

Blog, Updated at: 11.19

1 komentar:

Fregiafer Simanjuntak. Diberdayakan oleh Blogger.

Pencarian...

Cara Pemesanan Ace Maxs

Alamat Perushaan

Jl.Cikunten Indah Gg.
Situmuhani Rt.05/12 kel.
Sambong Jaya Kec. Mangkubumi
Kota. Tasikmalaya
Tlpn : 0265-339207
Pin BB : 295F9371

Rekening Pembayaran

Himbauan !!!

Diingatkan kepada semua calonpelanggan yang mempunyai i'tikad tidak baik atau niat tidak baik maka akan di beri sanksi

Pasal 5 BAB III No.8 thn 1999

tuntutan hukum pidana dan dendaan atas langgaran tidak memenuhi kewajiban konsumen.

Perlu diingat !!! Pembayaran produk setelah diterima maksimal 3 hari. Apabila ada konsumen yang tidak bayar maka nama, alamat,serta no Hp anda akan kami cantumkan di 100 website kami sebagai orang yang belum bayar sehingga akan banyak orang yang mengetahui dan akan tetap ada sampai konsumen melunasinya.

Bersama Hidup Sehat

About